Bagaimana Keamanan Investor dalam Peer to Peer Landing?


Keluhan investor dan peminjam dana di era modern ini perlahan mulai teratasi dengan adanya peer to peer lending. Peer to peer adalah salah satu layanan dari perusahaan fintech untuk membuka kesempatan mendapatkan pinjaman dan memberikan pinjaman dana. Saat ini telah banyak perusahaan fintech yang menyediakan peer to peer lending ini seperti Amartha.

Bagaimana Keamanan Investor dalam Peer to Peer Lending

Jaminan Peer to Peer Landing bagi Investor
1.     Memberikan platform untuk berinvestasi
Kesempatan untuk mendapatkan pinjaman dana memang mulai terbuka luas dengan layanan peer to peer lending. Beberapa orang yang memiliki dana lebih pun bisa berinvestasi dengan adanya dana yang dipinjamkan. Pendapatan bisa diambil dari bunga yang dihasilkan atas pinjaman uang yang didapat oleh peminjam. Ada berbagai aturan tertentu yang harus Anda perhatikan sebelumnya.

Ketika memberikan dana untuk berinvestasi, semua orang berharap jika dana yang dimilikinya akan selalu aman. Hal ini penting untuk diperhatikan termasuk untuk melihat kembali keterkaitan fintechnya dengan OJK. Berinvestasi bisa dilakukan dengan mudah dan aman dengan peer to peer lending.

2.     Kesempatan untuk memilih peminjam yang tepat
Investor biasanya ketakutan jika dana yang telah disimpan akan melayang begitu saja. Hal ini bukan penghalang bagi Anda dengan dibuatnya fintech dan peer to peer lending ini. Ketika semua pihak diberikan keterbukaan untuk memastikan jika uang yang dipinjamkannya akan selalu aman. Anda bisa melakukan pemilihan bagi beberapa perusahaan fintech yang akan Anda gunakan berinvestasi.

Langkah utamanya adalah dengan memastikan jika cyber policynya sudah diatur dengan baik. Harus ada perjanjian tertentu untuk Anda yang diberikan kebebasan untuk memilih peminjam. Berbeda dengan peminjaman langsung ketika Anda bisa menemui orang tersebut. Maka dalam hal ini kepercayaan harus terus dijaga antara peminjam dengan investor dan di pantau oleh perusahaan.

3.     Dana aman selama dipinjam
Jaminan yang biasanya diberikan oleh perusahaan fintech untuk layanan p2p adalah keamanan dana. Meskipun Anda tidak bisa terhubung langsung dengan berbagai orang yang terlibat di perusahaan. Ada hal atau jaminan yang bisa Anda temukan dengan penggunaan cyber policynya. Keamanan dana investor bisa dipantau langsung dan biasanya ditanggung oleh perusahaan tersebut.

4.     Pihak penyedia fintech selalu bertanggung jawab
Tanggung jawab yang ditonjolkan oleh perusahaan fintech selalu ditentukan dengan jaminan surat secara online. Anda bisa memastikan jika semua hal dapat diatur dengan baik. Seperti untuk menjamin jaminan dana yang telah ditentukan jika ada kesalahan bisa ditanggung oleh fintech.

Seiring dengan perkembangan cyber dan internet yang semakin meluas. Membuka kesempatan bagi siapa pun untuk berkompetisi di dunia ekonomi global. Sebagai pelaku ekonomi penting untuk memperhatikan perusahaan fintech yang digunakan. Layanan peer to peer lending adalah bentuk yang memberikan kenyamanan dan keamanan bagi peminjam dan investor yang harus dijamin.